(+62)81 944 80 5000 | Rahasia Percaya Diri saat Presentasi Company Profile



Jika Anda berkeringat dingin atau bahkan merasakan gugup saat memikirkan berdiri di depan orang lain untuk presentasi atau wawancara, Anda tidak sendiri. Takut berbicara di depan umum diperkirakan akan mempengaruhi 75 persen orang dewasa. Memikirkan kembali cara kita memandang stres sebenarnya dapat memperbaiki kinerja fisik dan mental kita. Mungkin lebih mudah untuk menyerah pada ketakutan kita, tapi Anda akan merasakan kebanggaan yang lebih besar untuk menghadapinya.

Bagi beberapa orang, dengan sedikit usaha mereka memiliki kemampuan untuk menaklukkan ketakutan ini. Bagi orang lain, dibutuhkan lebih banyak usaha dan beberapa tips atau alat untuk menutupi tekanan mental ini.

Berikut adalah tips yang akan membantu Anda mengatasi rasa gugup:

1. Bikin Penonton Tertawa.

Membuat penonton tertawa akan membuat suasana menjadi santai. Dan itu akan membuat Anda menjadi rileks. Saat Anda memberikan lelucon pada audiens anda, Anda dapat melihat wajah tersenyum yang membantu menciptakan ikatan - terutama jika Anda bisa mengajak penonton untuk bergabung dengan Anda sambil menertawakan diri sendiri. Jika Anda membuat orang lain bergabung dengan Anda dalam tawa itu, maka itu menciptakan tingkat kepercayaan. Tawa ini memungkinkan peserta Anda untuk memecah dinding yang memaksa mereka untuk melihat diri mereka sangat berbeda dari Anda.

2. Fokus Pada Orang yang Mengangguk.

Bila Anda merasa tidak terhubung dengan peserta Anda, ini bisa sangat menyakitkan. Dan Anda bisa merasa stres jika ada orang yang tampak sama sekali tidak tertarik. Anda  dapat melihat ke antara penonton Anda dan menemukan beberapa orang yang mengangguk bersama dengan cerita atau poin Anda. Ada rasa yakin yang nyata saat seseorang setuju dengan Anda. Dan semakin Anda fokus pada individu-individu ini, semakin yakin Anda terdengar. Dan semakin yakin Anda terdengar, semakin banyak orang yang Anda tarik.  

3. Jadilah Ekspresif dengan Emosi Anda.

Saat akan melakukan presentasi Anda pasti merasa gugup, terlebih lagi jika ini presentasi pertama anda.   Banyak orang yang kesulitan untuk menghilangkan rasa gugupnya. Sebenarnya Anda tidak perlu menghilangkan rasa gugup itu. Anda cukup menyembunyikannya saja dengan memainkan emosi Anda, ubah ekspresi anda dan sembunyikan rasa gugup. Jika Anda sering melakukannya lambat laun Anda akan terbiasa dan rasa gugup itu akan hilang dengan sendirinya.

4. Berlatih, Berlatih, Berlatih.

Ada banyak orang yang percaya bahwa berbicara adalah sesuatu hebat. Semua orang bisa berbicara didepan umum, termasuk Anda. Tapi yang dibutuhkan adalah latihan, semakin Anda berlatih, semakin percaya diri Anda dan semakin baik performa Anda. Dengan semakin banyak latihan menyampaikan pidato, Anda dapat melihat penampilan Anda makin membaik. Dan Anda tidak bisa tidak mendapatkan harga diri dengan lebih banyak pengalaman yang Anda miliki.

5. Bersiaplah jika Anda Membuat Kesalahan.

Tidak perduli seberapa profesional seseorang dan berapa lama mereka berbicara, setiap orang pasti membuat kesalahan. Dan kesalahan sebenarnya membuat orang tampil lebih manusiawi dan tampil lebih relatable. Tapi, saat kita merasa tidak nyaman, maka penonton kita menjadi lebih tidak nyaman juga. Seperti yang saya sampaikan di tips pertama saya, menertawakan diri sendiri dapat membuat semua orang merasa nyaman. Jadi, cobalah menyiapkan sebuah lelucon atau komentar, Ini membantu Anda menekan beberapa ketakutan berbicara Anda. Jadi tidak masalah jika berbicara adalah ketakutan nomor satu Anda, keringat dingin dan pikiran yang blank akan segera menjadi sesuatu dari masa lalu.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar