Halaman ini berisi tips agar presentasi Anda dari yang
awalnya sekedar 'baik' menjadi 'hebat'. Dengan mengumpulkan nasihat dari
berbagai macam orang, tujuannya adalah untuk menjangkau keseluruhan area.
Entah Anda seorang presenter berpengalaman, atau baru
memulai, di sini terkumpul berbagai tips untuk membantu Anda memperbaiki diri.
1. Tunjukkan Passion Anda dan Terhubung dengan Audiens Anda.
Sulit untuk santai dan menjadi diri sendiri saat sedang gugup.
Tapi berkali-kali, presenter hebat mengatakan bahwa hal yang
paling penting adalah berhubungan dengan audiens Anda, dan cara terbaik untuk
melakukannya adalah membiarkan hasrat Anda untuk menyebarkan topik.
Jujurlah dengan audiens tentang apa yang penting bagi Anda
dan mengapa itu penting.
Jadilah antusias dan jujur, dan penonton akan merespon.
2. Fokus pada Kebutuhan Audiens Anda
Presentasi Anda perlu dibangun di sekitar audiens Anda.
Sewaktu Anda menyiapkan presentasi, Anda selalu perlu
mengingat apa yang dibutuhkan dan ingin diketahui audiens, bukan apa yang dapat
Anda katakan kepada mereka.
Saat Anda memberikan presentasi, Anda juga perlu tetap fokus
pada respons audiens Anda, dan bereaksi terhadapnya.
Anda perlu memudahkan audiens untuk memahami dan merespons.
3. Keep it Simple: Konsentrasikan pada Pesan Inti Anda
Saat merencanakan presentasi, Anda harus selalu mengingat
pertanyaannya:
Apa pesan utama (atau tiga poin utama) yang harus diambil
oleh pendengar saya?
Anda harus bisa mengkomunikasikan pesan kunci itu dengan
sangat singkat.
Beberapa ahli merekomendasikan ringkasan lift 30 detik ',
yang lain bahwa Anda dapat menuliskannya di belakang kartu nama, atau
mengatakannya tidak lebih dari 15 kata.
Apapun aturan yang Anda pilih, yang penting adalah menjaga
agar pesan inti Anda tetap fokus dan singkat.
Dan jika apa yang ingin Anda katakan tidak berkontribusi
pada pesan inti itu, jangan katakan itu.
4. Senyum dan Lakukan Kontak Mata dengan Pemirsa Anda
Ini terdengar sangat mudah, namun sejumlah besar presenter
gagal melakukannya.
Jika Anda tersenyum dan melakukan kontak mata, Anda
membangun hubungan baik, yang membantu audiens terhubung dengan Anda dan subjek
Anda. Ini juga membantu Anda untuk merasa kurang gugup, karena Anda berbicara
dengan individu, bukan kepada banyak orang tak dikenal.
Untuk membantu Anda dengan ini, pastikan Anda tidak
mematikan semua lampu sehingga hanya layar slide yang terlihat. Penonton Anda
perlu melihat Anda dan juga slide Anda.
5. Mulai dengan kuat
Awal presentasi sangat penting. Anda perlu menarik perhatian
audiens Anda dan menahannya.
Mereka akan memberi Anda sedikit waktu untuk menghibur
mereka, sebelum mereka mulai mematikan jika Anda membosankan. Jadi jangan
sia-siakan saat menjelaskan siapa dirimu. Mulailah dengan menghibur mereka.
Cobalah sebuah cerita (lihat tip 7 di bawah), atau gambar
yang menarik perhatian (tapi berguna) pada slide.
6. Ingat Aturan 10-20-30 untuk Slideshows
Ini adalah tip dari Guy Kawasaki dari Apple. Dia menyarankan
agar tayangan slide seharusnya:
Berisi tidak lebih dari 10 slide;
Terakhir tidak lebih dari 20 menit; dan
Gunakan ukuran font tidak kurang dari 30 titik.
Yang terakhir ini sangat penting karena Anda berhenti
mencoba memasukkan terlalu banyak informasi pada satu slide. Pendekatan
keseluruhan ini menghindari 'Death by PowerPoint' yang ditakuti.
Sebagai aturan umum, slide harus menjadi tontonan bagimu,
presenter. Sebuah set slide yang bagus seharusnya tidak ada gunanya tanpa
presenter, dan isinya pasti mengandung lebih sedikit informasi daripada yang
diungkapkan secara sederhana.
7. Berikan Cerita
Manusia diprogram untuk menanggapi cerita.
Cerita membantu kita untuk memperhatikan, dan juga mengingat
hal-hal. Jika Anda dapat menggunakan cerita dalam presentasi Anda, audiens Anda
lebih cenderung terlibat dan mengingat poin Anda sesudahnya. Sebaiknya Anda
memulai dengan sebuah cerita, tapi ada juga poin yang lebih luas: Anda
memerlukan presentasi Anda untuk bertindak seperti sebuah cerita.
Pikirkan cerita apa yang ingin Anda ceritakan kepada audiens
Anda, dan buatlah presentasi Anda untuk menceritakannya.
8. Gunakan Suara Anda secara Efektif
Kata yang diucapkan sebenarnya adalah sarana komunikasi yang
sangat tidak efisien, karena hanya menggunakan satu dari lima indera
pengaruhnya. Itulah sebabnya presenter cenderung menggunakan alat bantu visual
juga. Tapi Anda bisa membantu membuat kata yang diucapkan lebih baik dengan
menggunakan suara Anda secara efektif.
Memvariasikan kecepatan bicara Anda, dan menekankan
perubahan dalam nada dan nada, semua membantu membuat suaramu lebih menarik dan
menarik perhatian audiens Anda.
9. Gunakan Tubuh Anda juga
Diperkirakan lebih dari tiga perempat komunikasi bersifat
non-verbal.
Itu berarti bahwa juga nada suara Anda, bahasa tubuh Anda
sangat penting untuk menyampaikan pesan Anda. Pastikan bahwa Anda memberi pesan
yang benar: bahasa tubuh yang harus dihindari mencakup lengan yang dilipat,
tangan dipegang di belakang punggung atau di saku Anda, dan mondar-mandir di
atas panggung.
Buat gerak tubuh Anda terbuka dan percaya diri, dan
bergeraklah secara alami di sekitar panggung, dan di antara penonton juga, jika
memungkinkan.
10. Tenang, Bernapas dan Nikmati
Jika Anda merasa sulit, sulit untuk tenang dan santai
melakukannya.
Salah satu pilihannya adalah memulainya dengan
berkonsentrasi pada pernapasan Anda. Lambat ke bawah, dan pastikan Anda
bernafas sepenuhnya. Pastikan Anda terus berhenti sejenak untuk bernafas
sesekali selama presentasi Anda juga.
Jika Anda bisa membawa diri Anda untuk bersantai, Anda pasti
akan hadir dengan lebih baik. Jika Anda benar-benar bisa mulai menikmati diri
sendiri, audiens Anda akan meresponsnya, dan terlibat lebih baik. Presentasi Anda akan meningkat secara eksponensial, dan juga kepercayaan diri Anda. Ini
patut dicoba.
Sumber: skillsyouneed.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar