(+62)81 944 80 5000 | Tips Memperindah Tampilan Presentasi Company Profile Anda



Anda pasti pernah membuat presentasi. Membuat presentasi sudah menjadi urusan biasa bagi pelajar, mahasiswa maupun pekerja kantoran masa kini. Tapi sayangnya kebanyakan dari kita membuat presentasi asal-asalan –yang penting dapat tampil lancar. Kebiasaan ini sebenarnya menjadi salah satu faktor mengapa audiens bosan melihat presentasi Anda. Namun beda lagi jika Anda tahu cara membuat powerpoint di laptop.

Langkah-langkah membuat power point yang sekaligus contoh presentasi dengan desain memikat akan dipaparkan berikut ini:


Pembukaan


Dalam bahasa asing, slide pembukaan sering disebut sebagai “killer opening slide”. Hal tersebut menunjukkan betapa pentingnya slide pertama saat belajar cara membuat tugas power point. Faktor warna kontras, pemberian gambar yang unik dan menarik akan memikat audiens sehingga menghentikan kegiatannya sejenak dan beralih menuju Anda.

Skema Warna


Tidak semua orang diciptakan dengan kemampuan mengatur komposisi warna. Jika Anda merasa salah satu dari orang yang tidak berbakat tersebut, Anda dapat mengintip majalah untuk melihat skema warna yang terlihat harmonis dan profesional. Jika Anda merasa skema warna yang disediakan oleh power point 2007 sudah menarik, maka Anda cukup memilihnya saja.

Tambahan Barang Visual


Presentasi yang Anda sedang lakukan, selain mengandalkan kemampuan public speaking juga memastikan slide yang sedang tayang memiliki daya tarik. Oleh karena itu, buatlah tambahan barang visual guna memikat audiens. Contohnya saja diagram, smartart, grafik dan shape. Cara membuat presentasi yang baik bukanlah dengan menuliskan apa yang akan Anda bicarakan pada slide. Namun mengubah poin-poin penting ke dalam bentuk visual yang lebih ringkas. Sehingga audiens mudah memahami dan selalu penasaran dengan slide-slide lanjutannya.


Penulisan Teks


Teks dalam slide presentasi memang tak bisa dielakkan. Anda pun diperbolehkan menulis teks pada slide presentasi asalkan hanya sebagai penjelas. Itupun ada catatan yang harus selalu diingat. Jangan sampai menggunakan variasi jenis dan ukuran font berlebihan, sehingga membuat slide Anda tampak tidak profesional. Gunakanlah ukuran, warna dan jenis font yang cukup kontras dan jelas. Ini sangat penting supaya seluruh audiens, sekalipun duduknya paling belakang tetap bisa menyimak slide dengan baik.


Menerapkan Konsepnya Robin Williams


Konsep ini telah ditulis Robin Williams bagi alat bantu membuat presentasi dalam bukunya  The Non Designer’s Design Book serta buku lainnya berjudul The Non Designer’s Presentation Book. Konsep dari Williams yaitu:

a.     Kontras

Bayangkan apabila seluruh benda di dunia ini sama. Pasti tidak akan menarik dan kita pun mungkin akan bosan hidup karena merasa kehidupan sama sekali tidak memiliki sensasi. Begitu pula dengan slide presentasi yang sedang dihidupkan. Perlu kekontrasan dalam membuat presentasi. Berilah ukuran, warna, tampilan atau jenis stylenya supaya ketika membandingkan antar ide, poin maupun slide, audiens terpikat. Selanjutnya, merekapun lebih memahami apa yang Anda sampaikan.

b.     Pengulangan

Tidak semua hal yang diulang membosankan. Asalkan tidak diterapkan pada semua hal di dunia ini terus menerus. Jika Anda merasa ada pola, warna maupun layout yang keharmonisannya bisa dipakai lagi, pakai saja. Pengulangan dalam presentasi yang waktunya sama akan menciptakan hasil akhir yang harmonis.

c.      Perataan

Ada yang biasanya sengaja meletakkan gambar miring, kesana kemari, sembarangan. Tujuan awalnya dia ingin hasil slide dengan tampilan stylish. Tapi jatuhnya malah norak. Lebih baik utamakan kesan profesional Anda. Konsistenlah menggunakan perataan dalam teks dan gambar di presentasi.

d.      Hubungan

Apapun yang telah Anda ciptakan dalam file presentasi, pastikan semuanya saling berhubungan. Berilah batasan untuk poin yang memang berbeda dalam pembahasannya. Jangan lupa dekatkan poin-poin yang pembahasannya merupakan kesatuan tak terpisah.

e.      Pakai Video

Gambar, teks dan bentuk-bentuk telah menjadi kebiasaan dalam presentasi. Namun tidak semua penyaji memastikan slidenya mengandung video. Padahal keberadaan video dalam slide presentasi dapat mencairkan suasana sekaligus memperjelas penyampaian ide yang telah dipaparkan.

f.      Bagi dan Simpulkan

Anda pasti pernah mendengar slideshare. Situs tersebut dapat menjadi tempat Anda membagikan hasil presentasi kepada dunia. Siapa tahu suatu saat nanti ada yang terpikat dengan hasil presentasi Anda dan pintu rezeki terbuka.
Selanjutnya, kiat terakhir dari William adalah simpulkan isi materi yang telah Anda paparkan dalam sekian menit yang lalu. Kesimpulan ini akan lebih menerangkan daripada audiens dibiarkan mencari-cari ujung pangkal dari pembahasan panjang Anda.


Sekarang, setelah mengetahu 5 kiat membuat presentasi yang memikat, Anda tentu akan mencoba menerapkannya bukan? Coba buatlah presentasi dengan 5 kiat di atas dan semoga kepuasan milik Anda dan audiens bersama. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar